Nyeri Lambung



Terima kasih banyak sahabat RBH, sudah mau mampir dan membaca blog kami. Semoga apa yang kami bisa share buat kalian, dapat menambah informasi pengetahuan kesehatan diri dan lebih peduli dengan gaya hidup kalian sobat... Kali ini kami membahas tentang bagaimana penyakit maag, apa sebab munculnya penyakit maag dan jenis maag.

Rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia menjaga kesehatan lambungnya, menyebabkan jumlah penderita menderita penyakit maag mengalami grafik kenaikan. Di penjuru dunia saat ini penderita maag mencapai 1,7 miliar. Hasil penelitian riset Brain & Co dengan PT. Kalbe Farma tahun 2010, terhadap 1.645 responden di Medan, Jakarta, Surabaya dan Denpasar mengungkapkan 60% dari jumlah responden menderita sakit maag. Bahkan secara mengejutkan lima dari sepuluh pekerja di Indonesia mengangalami gangguan pada maagnya. Penderita sakit maag setiap tahun terus meningkat, peningkatan yang paling banyak diderita para profesional muda yang dikarenakan akibat stress. Stress itu terjadi karena tuntutan serta tekanan kerja sehingga pola makan yang tak teratur, makan fast food, kurang olahraga sehingga berdampak pada lambungnya.

Sri Sukmaniah, dokter dari bagian Gizi FKUI/RSCM, Jakarta menilai sakit maag yang berulang kali terjadi dan tidak sembuh-sembuh meski sudah diobati, dapat menjadi salah satu gejala kanker lambung. Karenanya jangan sekali-kali meremehkan sakit maag, apalagi tidak sembuh meski sudah diobati secara konvensional, dengan herbal, gaya hidup yang baik atau melakukan terapi Bekam/Hijamah. Memang banyak yang menggangap sepele dengan penyakit maag, padahal masalah itu patut dicurigai dan lebih baik segera diperiksakan ke dokter.


Penyakit maag bisa dicegah dengan melakukan pola hidup yang sehat dan teratur, mengonsumsi makanan sehat untuk memelihara fungsi organ lambung serta sering melakukan konsultasi ke pelayan kesehatan. Mengingat, bila penderita sudah akut menyebabkan kanker lambung yang kerapkali membawa kematian bagi penderitanya.

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Beberapa jenis maag
Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:

-         Gastritis Akut
       Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

-         Gastrititis Kronis
      Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronis.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:

-       Maag ringan
         Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
-       Maag sedang
         Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
-       Maag kronis
         Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
-       Kanker lambung
      Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Penyebab maag
Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan Stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Gejala maag
·         Sakit saat buang air besar
·         Mual dan muntah
·         Sering merasa lapar
·         Perut kembung
·         Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
·         Sering bersendawa


Pengobatan
Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan satu jam sebelum makan dan satu jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi satu jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum satu jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Obat-obatan yang biasanya digunakan (Herbal)
1. Adas ( Foeniculum vulgare L ), Buah Adas 2 gram, Rimpang Lengkuas segar 3 gram, Kedawung yang telah disangrai 7 biji, Rimpang Jeringao sedikit, Air 110 ml, Dibuat infuse dan kemudian diminum. Dewasa 2 kali sehari, pagi dan sore, sekali minum 100 ml. Pemberian kepada anak-anak tergantung dari umur, yaitu 1/4 sampai 1/2 takaran dewasa. Diulang selama 3 hari, bila belum sembuh segera dibawa ke dokter.
2. Akar Manis ( Glycyrrhiza glabra L), Akar Manis 3 gram, Rimpang Kunyit 4 gram, Air 130 ml, Dibuat infus atau diseduh. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Tiap kali minum 100 ml. Diulang selama 14 hari. Bagi penderita yang tidak tahan panasnya kunyit, ramuan dapat ditambah air hingga encer, diendapkan dahulu kemudian diminum. Takaran yang terlalu banyak dan pemakaian terlalu lama dapat mengakibatkan hipoklamia.
3. Jeringao ( Acorus calamus L. ), Rimpang Jaringao I gram, Rimpang Jahe 5 gram, Air 110 ml, Dibuat infus atau diseduh. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang selama 4 hari.
4. Komfrei ( Symphytum officinale L. ), Daun Konfrei segar 5 gram, Rimpang Kunyit segar 9 gram, Air secukupnya, Dipipis. Diminum 1 kali sehari 1 cangkir. Diulang selama 14 hari.
5. Temu Kunci ( Kaempferia angustifolia Roscoe.), Temu kunci 7 rimpang, Air mendidih secukupnya, Rimpang Temu kunci dipotong tipis-tipis kemudian diseduh dengan air mendidih. Diminum seperti minum teh untuk keperluan 1 hari. Diulang selama 14 hari. Catatan: Dipasaran sering dicampurkan antara Kunci pepet (Kaeinpferia angustifolia) dan Temu putri (Kaemferia rotunda).
6. Kunyit ( Curcuma domestica Val. ), 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat, 2 kali sehari.
7. Lidah Buaya ( Aloe Vera Linn), 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat 2 kali sehari.
pisang batu
8. Pisang Batu ( Musa brachycarpa Back), Pisang Batu masak 3 buah, Pisang Batu mentah beserta kulitnya I buah, Buah Pace 1 buah, Air sedikit, Pisang Batu mentah dan buah Pace diparut, kemudian diremas bersama Pisang batu masak dengan bantuan air, kemudian disaring. Diminurn 1 kali sehari 1 ramuan. Diulang selama 14 hari.
9. Putri Malu ( Mimosa pudica L.), Herba Putri Malu segar 15 gram, Rimpang Temu Lawak 7 keping, Rimpang Kunyit 1 jari tangan, Air 120ml, Dibuat infus. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang selama 14 hari. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil.
10. Temu Lawak ( Curcuma xanthorrhiza Roxb.), 30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat 2 kali sehari.
11.  Dedak Halus (Lapisan kulit beras), sangat baik untuk mengontrol asam lambung berlebih
12.  Gamat, ini juga produk siap konsumsi yang bahannya berasal dari teripang. Sangat baik penggunaannya untuk kasus lambung yang telah luka.
**Catatan: Anda dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas. Lakukan secara teratur. Dalam melakukan perebusan gunakan panci emael atau periuk yang terbuat dari tanah liat.


Obat-obatan yang biasanya digunakan (konvensional)
1.      Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
2.  Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri (Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
3.     Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
4.     Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
5.  Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
6.     Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
7.     Simetidin (Mengobati dispepsia)

Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu: ***(perlu rujukan dan konsultasi)

1.   Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
2.  Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
3.  Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:
·         Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
·         Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
·         Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
·         Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).

Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Nabi telah mengajarkan kepada ummatnya untuk hidup sehat. Nih,,, Pola hidup sehat Rasulullah.
Hidup sehatlah dan nikmati kekhusyu'an ibadahmu sobat... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar Anda sangat bermanfaat bagi kami